Jakarta, CNN Indonesia

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga bawang merah naik 10,11 persen pada pekan ketiga Mei dibandingkan April lalu.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini mengatakan sebanyak 82,7 persen daerah di Indonesia mengalami kenaikan harga komoditas tersebut.

Tak hanya bawang merah, harga cabai merah juga ikut melonjak. Harga cabai merah naik 6,83 persen pada pekan ketiga Mei dibandingkan April lalu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan cabai merah relatif meningkat dan secara umum mencapai 68,61 persen wilayah,” katanya dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, Senin (21/5).

Harga bawang putih, sambungnya, juga naik. Pada pekan ketiga Mei, harga bawang putih naik 1,81 persen dibandingkan harga pada April 2024. Kenaikan harga komoditas itu dirasakan 51,67 persen wilayah di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi III Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Edy Priyono mengatakan harga bawang putih saat ini berada di level Rp46.850 per kg, jauh lebih tinggi dibanding harga rata-rata di tahun lalu yang hanya Rp29.350 per kg. Kenaikan harga tak terlepas dari rendahnya realisasi impor.

Edy mengatakan pihaknya telah memanggil para importir bawang putih pada 17 Mei lalu. Dalam rapat itu, importir mengatakan rendahnya realisasi impor hingga Mei 2024 disebabkan kesulitan mencari barang dan harga yang cocok.

Ia menambahkan semua importir berkomitmen merealisasikan impor mulai akhir Mei atau awal Juni mendatang.

“Bawang putih impor diperkirakan akan banyak masuk pada pertengahan Juni hingga Agustus,” katanya.

[Gambas:Video CNN]

(fby/sfr)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *