Jakarta, CNN Indonesia

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengungkapkan aparatur sipil negara (ASN) pusat diperkirakan bakal pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada September mendatang.

Sekretaris Kemenpan RB Rini Widyantini menyatakan saat ini pihaknya tengah menyiapkan kepindahan ASN pusat seiring dengan rencana besar pemindahan ibu kota ke sana, termasuk soal skema terbaik pemberian insentif.

“Sebagaimana disampaikan oleh Pak menteri kan karena nanti Agustus masih digunakan untuk 17 Agustus, kemungkinan besar sekitar awal September sudah ada pemindahan,” kata Rini ditemui usai Rapat Kerja (Raker) Bersama Komisi II DPR di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (12/6).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia mengatakan tengah menggodok skema terbaik untuk pemberian insentif kepada pionir jajaran ASN yang pindah ke sana. Rini menyebut nantinya rincian itu akan diumumkan usai sidang kabinet bersama Presiden Jokowi.

Ia pun menyatakan bakal memerhatikan kesejahteraan pegawai.

“Pak menteri waktu itu mengatakan bahwa ini akan dibahas di dalam sidang kabinet, jadi kita masih menunggu jadwal sidang kabinet itu,” ujarnya.

Meski demikian, Rini belum dapat memastikan angka spesifik ASN yang akan diberangkatkan nanti.

“Pemindahannya menunggu infrastruktur ya kan, makanya kita akan hitung lagi infrastruktur berapa yang sudah tersedia,” kata dia.

Ia pun menegaskan bahwa pemindahan pegawai ASN dari instansi pusat ke IKN bukanlah sebuah hukuman.

“Pokoknya intinya bahwa perpindahan ke IKN itu bukan suatu hukuman atau apa, tetapi itu adalah memang menjadi tempat yang kita bisa lebih terintegrasi gitu ya dalam melakukan layanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

(mnf/pua)


[Gambas:Video CNN]







Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *