Jakarta, CNN Indonesia

Fuad Bawazier diangkat sebagai komisaris utama PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 pada Senin (10/6) kemarin.

Selain Fuad, RUPST juga menetapkan mantan CEO sekaligus pendiri TaniHub yang kini izinnya dicabut OJK, Pamitra Wineka, sebagai komisaris independen BUMN tambang tersebut. Kemudian RUPST juga menetapkan Grace Natalie sebagai komisaris.

“RUPS Tahunan menyetujui pengangkatan Fuad Bawazier sebagai Komisaris Utama dan Pamitra Wineka sebagai Komisaris Independen,” kata Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso dalam rilis yang diterima, Senin (10/6) malam.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas siapakah Fuad Bawazier?

Fuad memulai karier profesionalnya dengan menjadi asisten dosen di Fakultas Ekonomi, Universitas Gajah Mada. Ia lalu masuk ke Departemen Keuangan dan menjabat sebagai direktur jenderal pajak.

Pada Maret 1998, ia ditunjuk sebagai menteri keuangan di Kabinet Pembangunan VII era Soeharto. Namun ia hanya menjabat selama dua bulan, yakni mulai 16 Maret 1998-21 Mei 1998 dan menjadi menteri keuangan terakhir di era orde baru.

Pada akhir masa orde baru, pria kelahiran 1949 itu bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) yang saat itu dipimpin Amien Rais.

Selama berkiprah bersama PAN, ia memperoleh sejumlah jabatan termasuk anggota MPR (1999-2004) dan anggota DPR (2004-2009).

Pada 2005, Fuad memutuskan hengkang dari PAN. Ia kemudian membentuk partai baru yakni Partai Hanura. Namun, ia memutuskan keluar dari Partai Hanura pada 2014 dan masuk ke Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo Subianto.

Pada Pilpres 2024, Fuad menjabat sebagai anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

[Gambas:Video CNN]

(fby/agt)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *