Jakarta, CNN Indonesia

KB Bank (IDX: BBKP) berhasil meraih peringkat internasional di level ‘BBB’ yang diterbitkan PT Fitch Ratings Indonesia (“Fitch”) dengan outlook stabil. Peringkat ini setara dengan Sovereign Credit Rating Indonesia (Rating Internasional) yang diumumkan pada Maret 2024 lalu.

Salah satu faktor yang menjadikan KB Bank satu dari segelintir institusi perbankan di Indonesia yang meraih peringkat internasional setara dengan Sovereign Credit Rating Indonesia ini adalah dukungan dari induk usahanya yakni KB Financial Group (KBFG).

Sebelumnya, pada April 2024, Fitch telah mempertahankan peringkat nasional KB Bank di level tertinggi ‘AAA’ dengan outlook stabil.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Wakil Direktur Utama KB Bank, Robby Mondong menyampaikan, peringkat internasional yang diterbitkan oleh Fitch ini mengukuhkan kepercayaan oleh para pemangku kepentingan di ranah internasional terhadap upaya perbaikan fundamental dan pertumbuhan berkelanjutan dari KB Bank.

Di mana proses pemeringkatan yang dilakukan oleh Fitch didasarkan pada informasi faktual dari berbagai sumber kredibel dan terverifikasi. Sebelumnya, Fitch telah mengafirmasi peringkat nasional KB Bank dengan peringkat tertinggi untuk emiten dengan tingkat risiko gagal bayar paling rendah.

“Peringkat ini juga menggambarkan stabilitas keuangan KB Bank dan komitmennya terhadap praktik-praktik bisnis berkelanjutan,” kata Robby dikutip Jumat (7/6).

Robby melanjutkan, saat ini, kinerja KB Bank terus menunjukkan sejumlah perbaikan, di mana pertumbuhan kredit baru KB Bank mencapai 114,3 persen secara year-on-year.

Pencapaian ini juga mampu diimbangi dengan perbaikan dari segi beban, di mana beban bunga dan beban operasional masing-masing tercatat turun 2,1 persen dan
12,4 persen secara year-on-year.

“Dengan perbaikan kinerja ini, KB Bank berhasil meningkatkan Net Interest Margin (NIM) menjadi 0,9 persen pada kuartal I 2024 dari sebelumnya 0,7 persen pada periode yang sama tahun sebelumnya,” ujarnya.

Selain itu, KB Bank juga berhasil memperbaiki rasio kredit kualitas rendah atau loan at risk (LAR) menjadi 34,3 persen pada kuartal I 2024 dari 50,3 persen pada periode yang sama tahun sebelumnya. Hingga April 2024, rasio LAR tercatat terus membaik hingga 26,9 persen.

Selain perbaikan fundamental, tahun ini KB Bank juga menargetkan pertumbuhan kinerja melalui ekspansi kredit yang dijalankan. Segmen korporasi atau wholesale menjadi anchor dalam upaya mendorong pertumbuhan ini dengan menciptakan ekosistem bisnis bagi segmen UMKM dan ritel.

“Dengan tambahan peringkat internasional dari Fitch, KB Bank semakin optimis untuk terus memperbaiki kinerja dan mengejar target-target pertumbuhan secara berkesinambungan,” kata Robby.

(inh)







Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *