Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan air bersih di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan masuk Juli.

Ia menjelaskan kebutuhan air di IKN akan disuplai dari Bendungan Sepaku Semoi yang diresmikan Presiden Jokowi kemarin. Bendungan tersebut memiliki kapasitas 16 juta meter kubik.

“Itu 200 liter per detik untuk air minum di IKN dan 500 liter per detik untuk di Balikpapan. Kemudian di Intake Sepaku sendiri ada 2.000 liter per detik,” katanya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/6).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Basuki menjelaskan saat ini sedang dibangun instalasi penjernihan air minum dengan kapasitas 300 liter per detik yang ditargetkan selesai pada Juni.

Lalu, pompa yang akan digunakan sedang diambil dari China dan ditargetkan sampai di Balikpapan besok (7/6).

“Nanti 23 Juni bisa decomissioning. Itu kan harus dipompa ke reservoir 15 km dari Sepaku Semoi. Pipanya sudah siap, tinggal memompanya. Dari situ baru digrativasi ke kantor-kantor dan rumah. InsyaAllah nanti Juli sudah bisa masuk,” katanya.

Sebelumnya, Basuki mengatakan enggan pindah ke IKN sebelum tersedia akses air bersih di sana. Ia menuturkan air bersih merupakan kebutuhan esensial yang tidak ada subtitusinya.

“Kalau listrik bisa pakai jenset, walaupun sekarang sudah ada PLN. Tapi kalau air, mau mandi pakai apa? Masa pakai air botolan, kan enggak,” katanya kepada wartawan di Nusa Dua, Bali, Selasa (21/5).

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)







Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *