Jakarta, CNN Indonesia

Pendaftaran seleksi calonĀ pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 segera dibuka, yakni antara Juni 2024 atau Juli 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas belum merinci kapan tanggal pasti seleksi dimulai. Pasalnya, masih ada sejumlah instansi yang belum menyetorkan daftar formasi.

“Untuk pelaksanaan seleksi CASN (CPNS) rencananya akan dilaksanakan mulai Juni atau Juli (2024), setelah instansi menerima surat keputusan menpan RB tentang penetapan kebutuhan formasi atau formasi pegawai ASN,” katanya dalam Konferensi Pers Progres Pengadaan ASN 2024 di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (3/5).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Setelah memperoleh surat keputusan menpan RB tentang penetapan kebutuhan formasi instansi pemerintah dan berkoordinasi dengan BKN untuk pengumuman lowongan formasi dan persiapan seleksi 2024,” sambung Anas.

Seleksi CPNS atau calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 akan dibuka untuk 1,28 juta orang. Ini dibuka untuk 75 kementerian/lembaga (K/L) dengan formasi 427.850 orang dan 524 pemerintah daerah sebanyak 862.174 posisi.

Kemenpan RB menegaskan 1,28 juta formasi itu untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional. Kebutuhan total PNS ada 2,3 juta orang yang rencananya bakal dipenuhi secara bertahap.

Menpan RB Anas mengatakan salah satu kendala yang dihadapi pemerintah adalah rincian usulan formasi CPNS yang belum disetor instansi. Ini yang membuat pembukaan pendaftaran seleksi calon abdi negara itu tak kunjung dibuka.

Anas menyebut ada 602 instansi pemerintah yang diminta mengusulkan formasi CPNS 2024. Per Mei 2024, ia mengatakan sudah ada 152 instansi yang divalidasi Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kemudian, 371 instansi masih dalam proses validasi dan 39 instansi lain baru mengirim rincian formasi.

Sedangkan 36 instansi lainnya masih dalam proses perincian formasi CASN. Anas menyebut tinggal 4 instansi yang belum membuat rincian formasi.

[Gambas:Video CNN]

(skt/agt)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *