Jakarta, CNN Indonesia

Bambang Susantono punya lima pesan kepada pegawai Otorita IKN sebelum dirinya mundur dari posisi kepala OIKN.

Ia mengumpulkan para pejabat OIKN sebelum pengunduran dirinya resmi disetujui Presiden Joko Widodo. Bambang lantas menyampaikan lima pesan itu dalam rapat pimpinan (rapim) terakhir pada 27 Mei 2024.

Pesan terakhir Bambang kemudian tersebar ke publik melalui WhatsApp. CNNIndonesia.com berupaya mengonfirmasi pesan itu kepada Bambang, tetapi belum mendapatkan respons.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Pertahankan profesionalisme dan integritas. Pakaian bisa berganti, tapi sebagai orang yang berintegritas, kita tidak berubah dalam bersikap,” pesan Bambang yang pertama kepada pegawai OIKN, dikutip Selasa (4/6).

Kedua, Bambang berpesan agar Otorita IKN terus berpihak kepada masyarakat. Bahkan, secara spesifik ia menyoroti perlakuan terhadap warga Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Ia meminta para deputi dan pejabat OIKN lainnya untuk mencintai masyarakat Sepaku dan memperlakukannya sebagai warga.

“Cintai masyarakat Sepaku sebagai warga, yang hidupnya harus lebih baik dengan prinsip-prinsip universal, seperti perlindungan lingkungan hidup dan tata ruang,” tutur Bambang.

Ketiga, ia menegaskan perencanaan adalah hal penting. Ia menyebut perencanaan yang baik berguna untuk mengoreksi kegagalan pasar.

Bambang menekankan betapa bahayanya minat pelaku pasar jika dibiarkan tanpa kontrol. Akibatnya, bisa muncul market failure atau kegagalan pasar.

Sementara itu, ia menyebut korupsi bakal menjadi sumber kegagalan pemerintah alias government failure. Oleh karena itu, Bambang berpesan supaya suara rakyat bisa menjadi jalan tengahnya.

Keempat, eks kepala Otorita IKN itu meminta jajaran yang ditinggalkan olehnya bisa tetap profesional. Bambang berharap OIKN terus menjaga kekompakan tim.

“Sebagai leader, jagalah teman-teman, jangan sampai ada yang disalahkan, jagalah kekompakan,” wanti-wanti Bambang.

Kelima, Bambang mengapresiasi kinerja jajaran OIKN. Ia menegaskan bahwa seluruh pegawai Otorita adalah orang hebat di bidangnya masing-masing.

Ia mengaku tak pernah menyesal bekerja sama dengan para pegawai Otorita IKN.

“Tidak pernah menyesal bekerja bersama Anda. Semua adalah leader di bidang masing-masing yang mengukir sejarah!” tutupnya.

Meski Bambang belum mengonfirmasi kebenaran soal lima pesan tersebut, salah satu pimpinan yang hadir dalam rapat tersebut sudah membenarkannya. Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN Mohammed Ali Berawi menegaskan lima pesan tersebut memang disampaikan oleh Bambang dalam rapat terakhir.

“Betul (isi pesan Bambang Susantono dalam rapim 27 Mei 2024),” kata Ali saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com.

Tak hanya Bambang, Wakil Kepala OIKN Dhony Rahajoe juga secara mendadak melepas jabatannya. Selepas surat pengunduran diri disampaikan kepada Presiden Jokowi, keduanya diberhentikan dengan hormat.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menegaskan sudah ada keputusan presiden (keppres) terkait mundurnya dua bos Otorita tersebut. Ia menyebut Presiden Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bambang dan Dhony atas kinerjanya di OIKN.

Jokowi kemudian menunjuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono selaku Plt kepala OIKN. Sedangkan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni ditugaskan menjadi Plt wakil kepala Otorita IKN.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *