Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ditunjuk sebagai Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) usai Bambang Susantono mengundurkan diri.

Basuki tiba di lokasi jumpa pers di Kantor Presiden sekitar pukul 10.40 WIB. Dia mengenakan topi biru tua yang biasa ia pakai.

Saat jumpa pers dimulai, Basuki berdiri di samping Pratikno. Dia terdiam tanpa senyum. Ia beberapa kali membuka catatannya, terutama saat Pratikno menjelaskan tugas baru Plt Kepala Otorita IKN.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Biasanya, Basuki hadir dengan senyum, tawa, dan canda ringan saat menggelar jumpa pers.

Setelah jumpa pers, Basuki langsung bergegas meninggalkan Kantor Presiden. Dia pun sempat berjalan cepat mendahului kejaran wartawan.

Meski begitu, ia tetap berhenti saat diminta komentar beberapa wartawan. Basuki menjawab tetapi dengan hanya beberapa patah kata.

“Belum bos,” kata Basuki saat ditanya apakah sudah ada komunikasi dengan investor usai pengunduran diri Bambang Susantono.




Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni dalam jumpa pers pengunduran diri Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dari Otorita IKN di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (3/6).Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni dalam jumpa pers pengunduran diri Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dari Otorita IKN di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (3/6).

Wartawan bertanya alasan Basuki belum bicara dengan investor. Dia menjawab dengan keyakinan bahwa tidak ada masalah dengan pengunduran diri kepala dan wakil kepala Otorita IKN.

“Tapi saya kira enggak ada masalah. Mudah-mudahan justru mempertinggi kepercayaan karena yang menggantikan menteri dan wakil menteri,” ujarnya.

Basuki beberapa kali mencoba menyudahi wawancara. Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni yang duduk di sebelahnya pun membantu Basuki untuk meninggalkan wartawan.

“Sambil jalan ya,” kata Antoni.

“Assalamualaikum,” kata Basuki menimpali Antoni. Mereka pun pergi meninggalkan istana.

Jokowi memberi dua tugas khusus untuk Basuki. Jokowi ingin Basuki memastikan investasi segera masuk ke IKN. Selain itu, Basuki diminta membereskan lahan 2.068 hektare di IKN yang belum dibebaskan.

[Gambas:Video CNN]

(dhf/sfr)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *